23 Apr 2008

Album Mariah Carey Baru: E=MC kuadrat VS Tia Tulus

Oke-oke.. sekarang saatnya meresensi yang namanya album-album baru yang menggetarkan semangat saya untuk segera mendownloadnya karena penasaran terhadap kiprahnya di belantika musik dunia..

Album baru Mariah Carey bertajuk E=MC2 (baca: iy_ikuelz tuw_em si skuerr)

album E=MC2

Untuk yang pertama, kita sambut dengan sangat meriah… Mbak Merraiyah Kewrri…

*woooooooooouuuu….. keplok-keplok-keplok!!, suara gaduh penonton, entah memuji atau menghujat! Maklum banyak gosip kalo mariah itu nggak bisa nyanyi kalo dipanggung. Yaa.. memang it’s kinda hard to sing Mariah Carey’s song right? Mariah Carey sendiri merasakan begitu*

Mariah aku tahu telah mengeluarkan album baru setelah dia menyanyikan single keduanya “Bye Bye” di acara American Idol. “Singgel kedua?? Waduh aku ketinggalan nih!!” sebagai fan sejatinya mbak Mariah, aku ndak boleh ketinggalan… takut kalo dibilangin, “Kemana aja lu, Ndop?”

Padahal saya khan selalu mengikuti dunia internet sepanjang hari.. bagaimana mungkin bisa ketinggalan? Mbuh wis.. yang penting aku sekarang akan membahasnya. Mending terlambat dari pada ndak sama sekali toh…

Album ini sangat amat bagus.. ar end bi banget dah.. ar end bi abis!! Apalagi yang nyanyi mbak Merrraiyah yang sudah tidak diragukan lagi kemampuan menyanyinya. Tapi jangan harap anda menemukan lagu kayak Hero, I Still Believe atau My All yang berirama ballad di sini. Soalnya album ini full ar end bi, full dance, yang make your head bounce.. alias manggut-manggut!!

Aku suka sekali lagu-lagunya mbak Mariah dari dolo. Sejak album pertama sampai album teranyar ini semua susah dinyanyikan oleh penyanyi lain. It’s like, the song is khususon for dinyanyikan oleh mbak mariah sendiri. Penyanyi lain, jangan harap bisa menyanyikan lagu saya.. tapi hal itu memang terbukti. American Idol minggu kemarin temanya adalah Mariah Carey. Dan apa yang terjadi. Semua peserta American Idol bingung rajamak. Semua merasa ini adalah minggu yang berat harus menyanyikan lagunya Mariah Carey. Alhasil, pas dimulai. Semua menyanyikan lagu Mariah dengan versinya sendiri-sendiri dan apa yang terjadi? HAMBAR bos!! Nggak masuk blas.. tapi aku lihat semua berusaha menampilkan yang terbaik.. *mode Idol, AFI, Mamamia is ON*

Menurut analisis saya, setiap lagu Mariah mempunyai grafik yang meningkat. Pertama-tama Mariah pasti berwhisper-whisper ria, berfalseto ria. Dan falsetonya yang supa dupa merdu itu nggak ada tandingan. Kemudian Mariah akan memperlihatkan suara merdunya di tengah lagu. Trus menjelang akhir-akhir lagu, dia bener-bener all out. Mengerahkan semua tenaga, mengerahkan jangkauan suaranya tertinggi, bahkan terkadang sampai mengeluarkan jurus beroktaf-oktafnya yang melengking sangat tinggi menjulang itu… kemudian di akhir lagu, dia akan seperti beristirahat dengan mengeluarkan jurus whispernya lagi dan biasanya diakhiri dengan jangkauan suara terendahnya… WOW.. thatz anbelivebel!!

Album ini menunjukkan kematangan vokal mbak Merraiyah. Teknik-teknik yang nguzubile sangat susah. Suara asli dan falseto diakrobat-akrobatkan. Memang kayak sirkus. Amazing.. nada-nadanya naik turun dan susah ditiru. Naik turunnya anpridiktebel. Naik turunnya setengah, seperempat, mayor minor, halah mbuh..

Di album ini Mariah seperti ngerap. Nggak berhenti-berhenti bernyanyi. Di setiap detik musik berjalan selalu dia isi. Entah berwhisper-whisper atau bertinggi-tinggi ria. Jadi dia nggak pernah nganggur, menyanyi terus…. sampek puass!!!

Dia juga tetep suka berduet dengan bintang-bintang rap macam Young Jazee (side effect), T-Pan (Migrate) dan Damian Marley (Cruise Control). Menjadikan semakin lengkap sudah feel R ‘n B-nya album E=MC square ini. Single pertama Touch My Body sangat membuat kepala ini menggut-manggut ringan. So jangan kuatir kalau pas manggut-manggut sampai kedaduk lante. Demikian juga pada single keduanya Bye Bye. Mariah tetep ngerap-ngerap ringan. Ngerap tapi penuh dengan nada-nada yang tertata rapi dan sulit ditiru. Karena dia mengeluarkan jurus kombo falseto dan suara asli yang diakrobat-akrobatkan.
Album ini berisi 14 lagu.

  1. migrate (featuring T-Pain)
    awalnya keren banget!!! Nada-nadanya arabian begetoh dueh!
  2. Touch My Body
    manggut-manggut ringan banget!!!
  3. Cruise Control (featuring Damian Marley)
    R n B banget!!! Di tengah-tengah lagu ada nada-nada yang nguzubile susah ditiru..
  4. I Stay in Love
    lagu ini keren banget!!!!
  5. Side Effects
    naik turunnya nada susah banget ditiru!!
  6. I’m That Chick
    Dugem banget!!!
  7. Love Story
    ballad banget!!!
  8. I’ll Be Lovin’ U Long Time
    rada-rada dirty lagunya!!! Bukan liriknya loh…
  9. Last Kiss
    Pop R n B Banget!!!
  10. Thanx 4 nothin’
    Endingnya Oke banget!!!
  11. O.O.C
    Nada-nadanya lucu banget!!!
  12. For The Record
    Lah, yang ini dahsyat abis banget!!
  13. Bye bye
    Akrobat suaranya nendang banget!!!
  14. I Wish You well
    baru-baru ini barusan kedonlod juga akhirnya. lagunya hanya piano sama mpok mariah yang bertanding sama pianonya. tapi, yang namanya si empok, tetep lebih vokal dibanding pianonya..(yaiiyalah, namanya juga vokalis bukan pianis!)

Silakan dicari sendiri download gratisannya. Nggak usah tanya saya. Kamu sendiri kan sudah advance to soal download mendownload… tapi kalo tetep maksa juga. Oke, saya hanya bisa memberi tipsnya. Cari di mbah gugel, tulis kata kunci: rapitsher serch enjine. Nah, klik pada urutan hasil pertama. Setelah kebuka situsnya, ketik kata kunci: Mariah Carey E=MC2 mp3. nah, ada banyak link rapitsher gratisan di situ. Ukurannya 73 megaan.

kesimpulan: albumnya mbak merraiyah kewri ini saya beri: :sip: :sip: :sip: :sip: :sip:

Album Tia Tulus

Nah, siapa lagi tandingan mbak Mariah Carey kalau bukan mbak Tia. Terbukti, pas AFI 2 dulu, Tia berani-beraninya menyanyikan My All. Dan ternyata memang bagus. Alhasil, saya menobatkan Tia sebagai Mariah Careynya Endonesa.

Setelah penantian yang sangat lama yaitu sejak AFI 2 di tahun 2004 sampai sekarang. Berarti sudah empat tahun Tia bermeditasi. Tapi yang jelas dia tidak terlantar seperti artis artis AFI lainnya yang nggak eksis, yang malah banyak yang nyambi jadi bintang iklan. Ke mana Very? Ke mana Mawar? Ke mana Sutha? Ke mana Ade? Ilang khan? TIA khan nggak ilang-ilang amat, di saat teman-temannya pengangguran di kos-kosannya itu, si Tia sudah melanglang buana sampai ke luar negeri. Sambil mungkin menyiapkan albumnya yang ini. Dan akhirnya album ini keluar juga tahun ini. Sebuah penantian panjang bagi para fansnya seperti saya..

Single pertama, Tulus, yang juga dijadikan nama album, yang berduet dengan Teguh Vagetoz, lumayan catchy di denger. Apalagi nada-nada yang lembut itu dinyanyikan seorang diva semacam Tia. Menambah semakin mantabnya lagu itu. Teguh vagetoz nampak berusaha sekali menyaingi kemampuan vokal Tia. Alhasil, Teguh habis-habisan di lagu Tulus ini. Yang menurut saya kemampuan menyanyinya Teguh paling bagus justru ada di lagunya Tulus ini. Di albumnya sendiri bareng vagetoz, nggak ada yang sedahsyat ini.

Tia yang juga ngefans sama Mariah Carey, kayaknya juga mengikuti teknik bernyanyi idolanya. Walau pun dia berusaha menjadi diri sendiri, namun bernyanyi dengan grafik meningkat itu terlihat sekali seperti idolanya. Tapi untuk urusan power, Tia dan Mariah sama-sama dahsyatnya. Dengan tekstur vokal yang berbeda tentu saja. Mariah lebih ke merdu, Tia lebih ke strong.

Namun di usianya yang dua puluh enam, Tia sudah memperlihatkan kematangan suaranya. Dibandingkan dengan mbak Mariah yang sudah empat puluhan lebih, tentu saja nggak bisa disetarakan. Tapi aku yakin Tia akan tetep eksis sampai umur empat puluhan ke depan. Dia memang punya mental sebagai seorang diva.

Album ini punya 11 Lagu. Diantaranya adalah: Tulus, Biarkan Aku, Harapanku, Ingin Bersamamu, Kau Tak Memilihku, Selama Ada Hari, Semoga, Sorry Mama, Tak Mungkin Menduakan Cintanya, Adilkah Ini, dan yang satunya lupa..alias belum sempat kedonload.

Semua lagu bergenre Pop ballad. Namun ada juga yang Pop R n B di lagu Sorry Mama, Slow Rock di harapanku, Blues di lagu Tak mungkin Menduakan Cintanya, beat cepat di Ingin Bersamamu.

Tia bener-bener ketahuan banget kalo dia nggak main-main sama album pertamanya ini. Alhasil dia bener-bener ollaut menyanyikan setiap lagu-lagunya. Nada-nadanya juga kuat banget. Mantab. Suara tingginya oke. Sangat prima. Suara rendahnya mungkin yang perlu dilatih lagi. Soalnya ada salah satu lagu yang nadanya rendah banget, dan terdengar banget dia sulit menjangkaunya. Jadinya, nada rendahnya terdengar lemah. Tidak demikian halnya dengan permainan nada tingginya yang dahsyat!

Silakan juga didonlod sendiri. Kalau yang ini banyak tersebar di mana-mana link donloadnya.. mbah gugel juga masih dengan baik hati menyediakan link-link donloadannya kok. Jangan khawatir, semakin lama semakin banyak link-link donloadan berserakan di belantika multiplai atau di belantika rapitsher…

kesimpulan: albumnya mbak TIA ini saya beri: :sip: :sip: :sip:

Muhammad Ali Mudzofar a.k.a ndop. Punya motto hidup: Think less feel more. Lebih banyak merasa, lebih banyak manfaatnya. Lebih banyak mikir? Cepet tua loh! #eh



23 KOMENTARS YUK KOMEN ↓

Biar avatarmu muncul, daftar di gravatar.com ya

  1. ndup, ak ngupi kuwe ae ya. males dunlut2 ki.. ukey? luv them all

  2. jancok headermu kok keren cok!
    hekekekeke…

  3. @anang: oke tak kupikan kapan-kapan..

    @det: *ngelus-ngelus dodo…* tak kandakne ibukmu lo nek misuh-misuh..,”Mpok Nori, si det misuh-misuh iki lho..”

  4. @ deteksi : Hayo… cangkeme…!! wis tuwek… gak oleh koyok ngono…!!

    duh… mas ndop…. kayaknya merhatiin banget acara nyanyi-nyanyi gitu… mentang-mentang abis ikut audisi indonesian idol…..

  5. @auliaziz: namanya sudah panggilan jiwa bro.. rasanya kok gak puas kalo belum nulis yg bginian.. hehe.. *juri american idol mode on*

  6. Aku ga begitu suka Mariah Carey he..he…lagunya inggris semua jadi mesti buka kamus klo mau tahu artinya.
    Suara TIa bagus….pasti laku keras albumnya…wekekekekkekekk

  7. Mus_ #

    tia ? tia afi?
    ternyata masih ada, ya?

  8. @yokeiju: wakakaka… sori bro.. aku khan hanya membetulkan kata-kata yang salah di blogmu.. hehehe…

    @Mus: Iya bos, ternyata dia masih idup! dan bisa nyanyi pula!!

  9. Kaka #

    edan…

    riviw nya sampe kaya gitu, emangnya kw arep nggawe skripsi…??

    haduh cape de bacanya….
    mana banyak kata2 yang ai gak ngerti, seperti :
    ber oktap-oktap, melengking nungging, merendah gundah, nada mayor jendral………..

    *pusing deh ai…*

    mbange so yo mumet moco, mending ngudud sik…
    (lah ubungane opo je…?)

    hehehehehe…
    ta’ akoni, ta’ nei jempol limo kanggo riviw mu… salute…

  10. @kaka: thankyu sou mach beibeh.. iyo yo.. aku durung ngowehi bintang-bintangan nang review di atas…

    sunting lagi ah.. eh, edit lagi aah..

    thankyu telah mengingatkan.

  11. akhirnya, saya bisa menampilkan kategori Macak zurri potlok™!!
    terimaksih wordpress!!
    mmuuuuaahh… :kiss:

  12. single keduanya jangan lupa, Semoga.

    Semoga sudah mulai mengudara. bagus… Semoga :lebah: . ampuh ni kayaknya.

    mantan penyanyi kontes yang berani unjuk gigi baru Judika dan Tia.

    posting terakhirnya day… adalah: Belajar Agama di Bulan Ramadhan

  13. @day: butul bos, vidiyo klipnya wokeh banget. walau masih ngeliat satu kali.. *cuma sekilas doang lagi!*

    khan Mike juga, Rini juga punya albem toh??
    btw, si jebolan AFI juga sudah mulai bikin Band. ada bojes, arjuna, trus siapa tuh yang dari AFI 2006?? yang dari salatiga itu tuh??

  14. soul_of_re #

    i llllllllllllooooooooovvvvvvvvvvvvvvvvvvvvveeeeeee mariah carey………………………….. gillllllllla artikelnya baguuuuuuuuuuuuuuuuuuuusssssssssssssssssssss banget…….. lain kali bikin lagi donks……….. buat mariah carey lagi………

  15. @soul_of_re: waaaa.. terimakaaaasiiih… kapan-kapan saya bikin lagi kok booos… tunggu ajaa… :glundung:

  16. Nunu #

    wow keren sekali reviewmu :ampun:
    blogmu juga keren…
    btw aq pingin invite kamu ke forum Mariah aq.
    Mbok join ya ntar qt bisa share tentang Mariah
    trus bisa download rare song & remixesnya mbak Mariah,OK!!!

    Aq tunggu lho
    Thank u :kiss:

  17. @Nunu: sudah ndaftar bos… maturnuwun… :sip:

  18. nunu #

    Thanks dah gabung
    Temenmu da yg suka MC, ajak sekalian supaya lbih rame…OK!!

    • @nunu: sudah aku ajak kok.. dia amsih sibuk kali… tunggu aja.. hehehe.. makasih juga…

  19. dhicky #

    :sip: mariah! mariah! mariah! mariah!………..mariah! tia! sorry i love tia cmn tia dpet satu suara dari gue sorry telat gt komentnya! bhkan bisa d blang sangat telat, useless commentnya yah! hhaahah

  20. Eleonore Kube #

    No one will ever be able to replace her. Mariah is so sexy I love her to death. She does too.

  21. Darryl Billiel #

    Mariah Carey is an all star season idol. She is very beautiful and attractive woman. I really want to seeher in person someday

  22. Mariah Carey’s next album for Christmas has a good picture of her on the cover. She looks great and I hope she gets back into that shape after giving birth



Komen dong!