Buku Sehat

aku menemukan buku berbungkus bathik PNS jaman dulu. kuperhatikan lamaa sekali. trus ingin hati mengambilnya. kuperhatikan dia di atas telapak tanganku. Waahh.. sudah lama tidak membacanya kembali…
dia adalah “buku sehat”. bukan buku diary yang kedengarannya seperti penyakit.pada satu januari duaribu tiga, di musim hujan, buku itu kubuat sendiri menggunakan kertas amplop berwarna coklat, yang kubeli seharga 1500, kemudia sampulnya dari kertas kardus bekas yang kubungkus kain sisa seragam PNS yang bermotif batik burung, berwarna putih tulang melawan biru tua keijo-ijoan rada2 mbulak, dan plastik. pembuatannya memakan waktu 5 jam, lama di pengeringannya, coz pakai lem kayu. dan kebetulan pas musim hujan , so nggak ada panas2nya.
kubuka lembar demi lembar. waaah… tulisan-tulisan tangan dari teman2 kuliah dulu.. (hey, dulu?? sekarang juga masih temenmu khan??). Tulisan asli, bukan ketikan. bahkan jenis alat tulisnya pun bermacam2. ada yang pakai pensil, polpen snowman, pilot, boksi, sepidol. ada yang warna hitam, abu-abu (kok abu2??–oh, soalnya pake pensil–), trus ada yang biru..
kubaca satu persatu… dan ingatanku pun terbang ke waktu di mana aku masih sehat wal afiat, di mana aku masih suka banget berkumpul bersama teman-teman. di mana aku masih demen banget ngobrol, guyon, nyodorin buku sehat ini, dan menunggu mereka menuliskan apa yang ada di otak mereka. bahkan ada lo yang sampai di bawa pulang. ditulis di kos2an. katanya, butuh ide segar untuk menulis di buku sehatku ini.
Dan hasilnya pun sangat memuaskan. semua tertulis sangat original. dari bahasanya: kalau asli surabaya, dia menulis menggunakan bahasa surabaya, kalau asli lombok, dia menulis pakai bahasa lombok (balas dendam kali dia, soalnya dia khan nggak bisa bahasa jawa, bisa paling, tapi cuma dikiit..), trus yang sok jaim, ya nulis pakai bahasa indonesia. pokoknya sangat berkarakter. yang karakternya rada-rada kaku, dia nulisnya dengan huruf2 yang kesannya kaku pula, banyak garis lurusnya dibanding melengkung. trus yang karakternya kalem banget, kebanyakan melengkungnya, bikin huruf “b” saja, kayak “g”. trus yang karakternya gak jelas, tulisannya pun gak jelas..(kayak aku..hehehe).
semua personel (emangnya olahraga!) menuliskan bebas sesuai syarat utama menulis buku sehat ini. yaitu: BEBAS sebebas-bebasnya, entah puisi, gambar, alamat, denah rumah, kata-kata mutiara, tips-tips, dll. bukan hanya nulis, tempel-menempel pun boleh di bukuku ini. bahkan saking bebasnya, ada yang nempel karcis bis.
buku ini sangat beda dengan buku kenangan biasa, karena ditulis dengan tangan mereka sendiri. walaupun isinya sangat amburadul, tapi dengan isi yang amburadul itu, kesannya sangat alami. dan tidak membosankan.
thanks alot to:
Fifi -dia yang paling awal menulis, main rebut aja dia soalnya, hehehe…
Heru -bukan Heru sutimbul, hahaha… sesuai dengan apa yang kau tulis, Her
Marit -nah kalau yang ini kreatif banget, bahasanya campuran (Surabaya plus bahasa sinyo—ndek mana, sing mana, nti’, dll— ) dia juga melengkapinya dengan denah rumah, gambar2 lucu, secara dia emang jago gambar kartun
Pepen-paling ngentekne halaman, soale dee salah trus mbaleni maneh.
Nurul-katanya rumahnya dekat pasar, so kalau nitip barang bisa ke dia
Upik-“OK!! silakan berkunjung, banyak rumput dan kerikil buat camilan,” iso ae Pik!
heru lagi-sing kemau durung ngowehi peta omahe
Riza-peta omahmu mbulet
Kanah-gambare lucu, gedhi-gedhi, mudhun ditulis modon, hahahha…
Andri (Fea)-petane jan rusuh tenan tapi jelas kok Andri yang imut-imut! (hweeelk!!!)
Rena-Wuih pakek puisi segala
Engga-pake bahasa lombok, gak ngerti blas aku
Tamim-dia menuliskan su-ENDOP!! hahaha…
Anin-bosone kromo inggil, mmm… bagus-bagus..
Shinta-bahasane suroboyo piur, matung nuwung ingkang kathang
Rindang-jarene, sampul bukumu gak kompak karo klambi, dompet dan bindermu…
Nana-bahasane indo, ada jombang, pare, suroboyo, bahasa mak bongky yo enek.hehehe.. cah iki sing paling lucu nulise… tulisane koyok ceker pithik, nggae polpen biru pisan, rodok2 gak kethok. jarene, cita2ne pangen dadi dokter.
Rengganis-wong kertase coklat kok mbok stipo to mbak yu… dadine yo koproh poll… hehehe tapi gak popo kok Nis.
emje-lha cah iki nulise nggawe sepidol, nulise suwi, sampek digowo nang kos2an dua harian. tapi worth it kok Je.
Himawan-cah kok gak ndunung blas…
ikilo tulisane himawan…
+++++++++++++++++
Hijiro: Assalamualaikumdhop-dhop eh kleru dhok-dhokkulonyuwun eh kulonuwunniki kula hijiro, tiyang eh tiang zhollow, lahir 19 mei 19xx ing rumah sakit soale ibu kula ngairkeku–> opo hubungane nggak nyambung… dst….dst…
+++++++++++++++++
atul-iki yo lucu poll, konyol poll wis. tapi sayang duowo pol, kabeh lucu pol dadi gak iso tak tulis nang kene. dee yo nyumbang “beasiswa Coca-Cola” yang kocak abis!!!
Dhayu-“ndop run time error” katanya.
Roh-Rodok mbingungi ketika engkau tuliskan…ndusun ngemplak erte 2 erwe 4 nomere sebelum lima sepuluh min siji, loro ples siji…
Asfa-HIDUP CAH NGANJUK!!!!!-dee ternyata mantan ratu ngetrack sak kertosono.. hehehe jarene nek numpak motor alon-alon isin. dalan mulihe pun unik enek jalur express dan jalur romantis.. hehehe… enek-enek ae..
Teye-lha iki sing nggawe potelot, peh motoku rodo-rodo disikso, hehehe.. tapi untunge tulisanmu cetho. eh, ada yang jadi kenyataan lho ditulisan dia: tak dongakne kowe sukses lahir lan bathin, lulus dadi sarjana barengan karo aku…
Arif-tulisane sandi2 getho.. aku gak ngerti blas rip
Siwi-kapan awake dewe nduwe album duet??? katanya, emangnya AIR???—Acha IRwansyah, red.—-
Onos-lha cah iki males nulis, jarene isin. bakno dee nulis dewe nang kertase dw trus aku kok nyalin.
Dhanty-lha nek iki jelas2 wong sby cak!
Frida-thanks atas pesan2nya
Himawan-lho kok kowe maneh wan??? hahaha…

+++++++
kulo Aa’ hym… badhe ngisi diaryne panjenengan.. to jlep point kemawon
begin
if ke rumahku
then
naik bis jurusan Solo
if sampe or jarak=0 (tekan)
then
turun di terminal Tirtonadi
end
+++++++
Bagus-gantungnya tulisanmu… kapan mbok terusne???

2 Comments

Komen dong!